Oleh: buanaplus | 29 April 2013

Pelantikan Menjadi Prajurit Titik Awal Pengabdian Kepada Bangsa Dan Negara

2Bandung, April 2013-
Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Sudirman Kadir melantik 370 prajurit baru lulusan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Gelombang II tahap I TA. 2012 di Lapangan Upacara Dodik Secata Rindam III/Siliwangi Pangalengan Kabupaten Bandung, Sabtu (13/4).
Upacara pelantikan prajurit baru tersebut ditandai dengan penyumpahan dan pengucapan janji prajurit serta pemasangan tanda pangkat Prajurit Dua kepada salah satu perwakilan Prada Devan Yusdiantoro yang juga merupakan lulusan terbaik. Para prajurit muda tersebut sebelum menjalani tugas aktif di lingkungan TNI Angkatan Darat terlebih dahulu akan mengikuti pendidikan tahap II yang merupakan pendidikan kejuruan / kecabangan.
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Sonny Widjaja dalam amanatnya yang dibacakan Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Sudirman Kadir mengatakan prosesi pelantikan dan penyumpahan merupakan moment bersejarah dalam meniti masa depan sebagai titik awal pengabdian sebagai Bhayangkari negara dan bangsa dan resmi menyandang status sebagai Prajurit TNI AD dengan pangkat Prajurit Dua.
Diingatkan Pangdam rasa kebanggaan menjadi Prajurit TNI Angkatan Darat bukan semata didasarkan pada pangkat yang disandang, pakaian yang digunakan dan atribut-atribut yang dipakai, akan tetapi menurut Pangdam harus timbul rasa tanggung jawab moral untuk senantiasa meningkatkan kemampuan, sehingga para Prajurit dapat melaksanakan tugas dengan baik.
Sebagai seorang Prajurit, lanjut Pangdam rasa tanggungjawab moral yang harus ada dan melekat pada diri seorang Prajurit adalah disiplin, loyalitas dan profesional. Apabila dari ketiga unsur tersebut sudah ada dan melekat pada pribadi seorang Prajurit, maka Prajurit tersebut layak disebut sebagai Prajurit yang tanggap, tanggon dan trengginas.
Dijelaskan Pangdam, Prajurit yang disiplin yaitu Prajurit yang taat dan patuh terhadap aturan yang berlaku dengan didukung oleh kesadaran yang bersendikan Sapta Marga dan Sumpah Prajurit untuk melaksanakan tugas yang diberikan.
Prajurit dikatakan memiliki loyalitas yang tinggi, lanjutnya apabila Prajurit tersebut memegang sikap setia kepada atasan dengan tidak pernah membantah perintah tugas yang diberikan. Sedangkan profesional harus dibuktikan melalui kehandalan, kemampuan dan keterampilan sebagai seorang Prajurit sejati.
Pangdam juga mengingatkan bahwa pengabdian seorang Prajurit akan selalu terkait dengan dua dimensi yang saling mengikat satu sama lain, yaitu pengabdian kepada Bangsa dan Negara yang dilandasi profesionalisme, serta pengabdian kepada Allah Swt Tuhan Yang Maha Esa, yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada-Nya. Janji dan sumpah yang telah diucapkan, pada hakikatnya merupakan janji luhur yang harus dipertanggungjawabkan kepada bangsa dan negara, serta kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Pangdam mengharapkan kepada para Prajurit yang baru dilantik tersebut, agar profesi sebagai Prajurit TNI Angkatan Darat yang telah diraih dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya melalui pengabdian yang tulus, mentaati semua aturan yang berlaku di lingkungan militer, serta menghindari berbagai pelanggaran yang bisa merugikan diri sendiri, keluarga serta mencoreng nama baik satuan dan TNI AD.
Hadir dalam kesempatan itu Irdam, para Asisten, para Kabalak jajaran Kodam III/Siliwangi, pengurus Persit KCK PD III/Siliwangi serta orangtua dan keluarga para prajurit TNI Angkatan Darat yang dilantik.(Pendam III/Slw)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: