Oleh: buanaplus | 11 April 2013

Pemberdayaan Wilhan Harus Sinerji Dengan Pemda

Bandung, April 2013-
1-Pemberdayaan Wilhan Harus Sinerji Dengan PemdaAsisten Teritorial Kasdam III/Siliwangi Kolonel Inf Rochadi membuka Penataran Mobile Training Team (MTT) di Aula Graha Tirta Siliwangi Jalan Lombok Bandung, Selasa (2/4).
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Sonny Widjaja dalam amanatnya yang dibacakan Aster Kasdam III/Siliwangi mengatakan penataran MTT sebagai salah satu upaya meningkatkan pengetahuan dan kemampuan personel Komando Kewilayahan dan pejabat terkait dalam menyelenggarakan Pembinaan Teritorial sebagai fungsi utama TNI AD.
Dijelaskannya Kodam III/Siliwangi dalam rangka melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan darat di wilayah provinsi Jawa Barat dan Banten, dilaksanakan bersinergi dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dan Banten, serta instansi terkait lainnya dalam menciptakan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan.
Lebih lanjut diungkapkan Pangdam dalam Undang-Undang No 34 Tahun 2004 tentang TNI, khususnya pasal 8 huruf d yang menyebutkan bahwa salah satu tugas TNI AD adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, atau lebih dikenal dengan Pembinaan Teritorial (Binter). Dengan demikian pembinaan teritorial menjadi salah satu fungsi utama TNI AD yang harus berjalan dan dilaksanakan secara optimal untuk kepentingan pertahanan negara.
Pangdam mengatakan masih ada sebagian kalangan yang meragukan kesungguhan pelaksanaan tugas pembinaan teritorial yang penyelenggaraan tugasnya dimotori oleh Kotama beserta jajaran Kowil di daerah. Agar fungsi pembinaan teritorial tidak berakhir pada penolakan oleh pihak tertentu sebagaimana menggugat keberadaan Koter di masa lalu, maka menurut Pangdam perlu mensosialisasikan dan mengkonkritkan fungsi pembinaan teritorial agar lebih berdaya dengan memfokuskan program Binter secara aplikatif, terpadu dan menyentuh kebutuhan serta aspirasi masyarakat. Pangdam mengharapkan ke depan, tidak ada lagi keraguan dari pihak manapun tentang keberadaan fungsi pembinaan teritorial sebagai salah satu fungsi utama Angkatan Darat dan ini menjadi tugas bersama sebagai aparat Kowil untuk mewujudkannya dan menghilangkan keragu-raguan tersebut. Tim Penyaji pada MTT ini diketuai oleh Kolonel Kav Abdul Latief sebagai Ketua, Kolonel Arh Heboh Susanto sebagai Wakil Ketua, Mayor Arm Sujadi sebagai Sekretaris dan Letkol Inf Sutikno Sulaeman dan Letkol Inf Tedy Sujarwo sebagai Anggota.
Penataran MTT akan dilaksanakan dalam dua gelombang, yakni gelombang I di Bandung selama tiga hari terhitung mulai tanggal 2 s.d 4 April 2013 diikuti oleh 1.200 peserta terdiri dari Kasrem, para Dandim, Kasiter Korem, Pasiter Kodim, Para Danramil, Babinsa, Danki/Danrai serta para Perwira Pelaksana Teritorial di Satpur dan Satbanpur Balakdam III/Siliwangi.
Sementara Gelombang kedua akan dilaksanakan di Bogor pada tanggal 8 s.d 10 April 2013 akan diikuti oleh 671 peserta terdiri pada Pejabat Bidang Teritorial Kowil, Satpur dan Satbanpur yang berada di wilayah Korem 061/SK dan Korem 064/MY(Pendam III/Slw)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: