Oleh: buanaplus | 2 Februari 2013

Pangdam III : Komandan Harus Memberikan Contoh dan Suritauladan Yang Baik

Pangdam III :

Komandan Harus Memberikan Contoh dan Suritauladan Yang Baik
Kol Inf Puguh Raharjo, Danrem 063 yang baru

kol puguhBandung, 1 Januari 2013-
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Sonny Widjaja memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) tiga pejabat Kodam III/Siliwangi di ruang Silih Wangi Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh 69 Bandung, Jumat (1/2).
Pejabat yang melaksanakan Sertijab antara lain Danrem 063/Sunan Gunung Jati dari Kolonel Inf Ali Sanjaya kepada Kolonel Inf Puguh Raharjo, Danyon Armed-4/105 dari Letkol Arm Budi Saroso kepada Mayor Arm Wahyu Widodo serta Danyon Arhanudse-14 Kodam III/Slw dari Letkol Arh Dedik Ermanto kepada Mayor Arh Tri Sugiyanto.

kol puguh 2Pejabat lama Kolonel Inf Ali Sanjaya akan menduduki jabatan baru sebagai Paban Sahli Bidang Sosbud Sahli Kasad, Letkol Arm Budi Saroso menjadi Dandim Kota Sukabumi dan Letkol Arh Dedik Ermanto menjadi Dandim Mentawai Kodam I/BB.

kol puguh 3Sementara pejabat baru Kolonel Inf Puguh Raharjo sebelumnya menjabat Aslog Kasdam VI/Mulawarman, Mayor Arm Wahyu Widodo sebelumnya menjabat Kabag Binsat Dirbinsen Pussen Armed Kodiklat TNI AD, serta Mayor Arh Tri Sugiyanto sebelumnya bertugas di Pussen Arhanud Kodiklat TNI AD. Menurut Pangdam III/Siliwangi serah terima jabatan di lingkungan TNI merupakan alih tugas dan jabatan yang bertujuan untuk memantapkan kualitas kepemimpinan, pada konteks ini salah satu kewajiban seorang Komandan Satuan adalah mengembangkan model kepemimpinan yang efektif. Lebih lanjut Pangdam menegaskan bahwa momentum sertijab diorientasikan juga untuk mengembangkan kemampuan manajerial dan memperluas wawasan serta memperkaya pengalaman bagi Perwira, sehingga diharapkan para Perwira mampu mengemban setiap tugas yang dibebankan kepadanya secara profesional dan proporsional. Diungkapkannya dalam tradisi TNI, serah terima jabatan sesungguhnya bukan hanya suatu kelaziman, melainkan sudah merupakan kebutuhan dan keharusan.

aSerah terima jabatan, mengandung makna dan nilai yang lebih dari biasa, karena mengandung aspek penyegaran, harapan dan kaderisasi, untuk mencapai tujuan organisasi. Menurut Pangdam menjadi kewajiban Komandan dan seluruh prajurit jajaran Kodam III/Siliwangi untuk senantiasa memelihara dan meningkatkan profesionalisme prajurit dan kesiapsiagaan operasional satuan dengan bertahap, bertingkat dan berlanjut melalui upaya pembinaan satuan secara intensif dan terus menerus dengan dilandasi disiplin yang tinggi. Upaya peningkatan profesionalisme keprajuritan lanjutnya, dilakukan dengan cara memelihara dan meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan keahlian, disertai dengan peningkatan jiwa pengabdian yang berlandaskan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI. Lebih lanjut Pangdam menegaskan “bahwa Komandan/Pemimpin harus dapat memberikan contoh dan suritauladan bagi anggotanya serta bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas” Pangdam mengingatkan bahwa salah satu tugas seorang Komandan Satuan adalah untuk memastikan bahwa seluruh tugas dan kewajiban Satuan dapat dilaksanakan dengan baik. Hindari sikap yang akan menimbulkan hambatan psikologis yang bisa menyebabkan kurang harmonisnya hubungan antara atasan dan bawahan, sehingga akan bermuara kepada terganggunya pelaksanaan tugas pokok Satuan. Hadir dalam acara tersebut Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Sudirman Kadir, Kasgartap-II/ Bandung Marsma TNI Imron Nasution, para Danrem, Asisten dan Kabalak Jajaran Kodam III/Siliwangi serta Ketua Persit KCK PD III/Slw beserta pengurus. (Pendam III/Slw)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: