Oleh: buanaplus | 1 Desember 2012

Profesionalisme Hanya Bisa Ditingkatkan Melalui Belajar dan Berlatih

Profesionalisme Hanya Bisa Ditingkatkan Melalui Belajar dan Berlatih1Cianjur, 19 November 2012.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Sonny Widjaja menekankan profesionalisme prajurit, hanya dapat ditingkatkan melaui budaya belajar dan berlatih secara disiplin serta berkesinambungan.Penekanan tersebut disampaikan Pangdam III/Siliwangi saat membuka Latihan Pemantapan Yonif 300/Raider Banjar Kedaton di Lapangan Mako Yonif 300/RBK Cianjur, Senin (19/11). Lebih lanjut diungkapkan Pangdam latihan dalam militer merupakan aktivitas yang sangat mendasar dan menjadi salah satu faktor penentu pencapaian keberhasilan tugas. Penyelenggaraan Latihan Pemantapan Yonif 300/RBK menurut Pangdam merupakan salah satu metoda latihan yang secara spesifik bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kualitas kemampuan teknis dan taktis satuan Raider, baik dalam konteks perorangan maupun dalam hubungan satuan, sehingga satuan ini benar-benar mampu dan mahir dalam melaksanakan tugas operasi yang bersifat khusus.

Profesionalisme Hanya Bisa Ditingkatkan Melalui Belajar dan Berlatih2Dijelaskan Pangdam, Batalyon Raider merupakan salah satu Pasukan Elit Satuan Infanteri TNI AD yang dituntut memiliki tiga kemampuan, yaitu sebagai pasukan anti teror untuk pertempuran jarak dekat, sebagai pasukan lawan gerilya dengan mobilitas tinggi, serta kemampuan melakukan pertempuran berlanjut.

“Sebagai salah satu Batalyon pemukul Kodam III/Siliwangi yang memiliki tugas melaksanakan pertempuran di darat dan melaksanakan operasi khusus berupa Raid Pembebasan tawanan dan Raid penghancuran, serta tugas-tugas lain atas perintah Komando Atas, maka upaya meningkatkan profesionalisme Prajurit dan Satuan Yonif 300/RBK, menjadi kebutuhan mendasar yang harus diwujudkan,” tekan Pangdam.

Profesionalisme Hanya Bisa Ditingkatkan Melalui Belajar dan Berlatih3Upaya tersebut menurut Pangdam bisa diwujudkan salah satunya melalui kegiatan Latihan Pemantapan Yonif 300/RBK.

“Dengan Latihan pemantapan ini, kita dapat mengukur kemampuan dan keterampilan perorangan maupun Satuan dalam menyelesaikan tugas di lapangan secara profesional dan proporsional, sekaligus dievaluasi untuk perbaikan, pengembangan, penyempurnaan pada kegiatan latihan yang akan datang, harap Pangdam.

Pangdam juga mengingatkan bahwa keberhasilan latihan Pemantapan Yonif 300/RBK ini harus dapat diukur dengan parameter yang telah ditentukan, sebagaimana termaktub dalam sasaran yang ingin dicapai yakni memelihara dan meningkatkan kemampuan teknis dan taktis satuan raider, agar mampu dan mahir dalam melaksanakan tugas operasi yang bersifat khusus.

Diakhir amanatnya Pangdam menekankan kepada Danyon, para Perwira dan segenap personel peserta latihan, agar mengikuti latihan pemantapan ini secara sungguh-sungguh dan jangan hanya sekedar melaksanakan program, namun harus diupayakan untuk mendapatkan nilai tambah berupa peningkatan kualitas kemampuan baik pada tingkat perorangan maupun satuan.

Hadir pada kesempatan itu Asintel, Aslog, Waasops Kasdam III/Slw, Kahubdam, Kabekang, Kapaldam,  Kasrem 061/Sk, Dandim 0608/Cianjur serta undangan lainnya. (Pendam III/Slw)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: