Oleh: buanaplus | 30 November 2012

Pancasila Mampu Mempersatukan Bangsa Indonesia

Pancasila Mampu Mempersatukan Bangsa Indonesia1Bandung, 12 November 2012.

Pangdam III/Siliwangi mengungkapkan Pancasila sebagai Ideologi Negara telah mampu mempersatukan bangsa Indonesia dari berbagai perbedaan dan keragaman serta bisa mencegah bangsa Indonesia dari perpecahan.Hal tersebut disampaikan Pangdam pada acara Seminar Nasional “Pemaknaan Pancasila Dalam Kontruksi 4 Pilar Kebangsaan,” yang diselenggarakan Universitas Kristen Maranatha bertempat di Gedung Teater GAP lantai 8 Universitas Maranatha Jalan Prof. drg. Surya Sumantri No. 65 Bandung, Senin (12/11).

Pancasila Mampu Mempersatukan Bangsa Indonesia2Lebih lanjut Pangdam mengatakan pentingnya menumbuhkan toleransi dalam kehidupan. Bahkan menurutnya  pemuda Indonesia pada 28 Oktober 1928 yang berikrar untuk bersatu sesungguhnya dilandasi oleh semangat toleransi dengan tidak membeda-bedakan Suku, Agama, Ras dan antar Golongan (SARA).

Pancasila Mampu Mempersatukan Bangsa Indonesia3Selain itu Pangdam juga mengungkapkan semangat Gotong royong yang menjadi bagian budaya bangsa harus terus ditumbuhkan, karena itu merupakan inti yang akan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Pancasila Mampu Mempersatukan Bangsa Indonesia4Begitu pula dengan semangat nasionalisme dan patriotisme serta semangat rela berkorban untuk kepentingan bangsa perlu ditumbuhberkembang dalam setiap jiwa anak bangsa. Itu semua juga merupakan implementasi dari nilai-nilai Pancasila.

Pangdam mengingatkan ancaman terjadinya perang modern yang tidak lagi menggunakan senjata secara fisik melalui agresi militer, tetapi melalui perusakan moral bangsa. Hal ini dilakukan selain murah atau tidak memerlukan biaya yang besar, tetapi juga lebih efektif untuk menguasai suatu negara bahkan menghancurkan negara.  Fenomena ini sudah mulai terasa dan telah terjadi di sebagian anak bangsa melalui perusakan budaya, peredaraan Narkorba serta mental yang hedonis.

Pancasila Mampu Mempersatukan Bangsa Indonesia5Pangdam juga mengharapkan agar seluruh elemen bangsa untuk mewaspadai ancaman terhadap keutuhan NKRI, serta mengingatkan agar peristiwa runtuhnya kerajaan Sriwijaya dan Majapahit yang pernah berjaya dengan kekuasaan yang sangat luas, ternyata hancur bukan disebabkan agresi dari luar, tetapi karena perpecahan dari dalam.

“NKRI harga mati, harus dimaknai dengan berbuat sesutu yang terbaik bagi bangsa dan negara,”  tekan Pangdam. (Pendam III/Slw)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: