Oleh: buanaplus | 28 September 2012

Gladi Posko 1 Kodim 0620, berakhir

Kab Cirebon, 27 September 2012-
Irup menanggalkan pita pada pewakilan Perwira, bahwa kegiatan Gladi Posko 1 Kodim 0620/ Kab Cirebon, berakhir.

Sesuai dengan rencana bahwa kegiatan Gladi Posko Kodim 0620/ Kab Cirebon yang di gelar selama tiga hari ( 25-27 September ), akhirnya berakhir, di tutup dengan sebuah upacara militer yang di pusatkan di Lapangan Markas Kodim 0620/ Kab Cirebon, jalan Fatahila, Perbutulan, Sumber, Kamis siang ) 27/09 ).
Bertindak sebagai Irup Danrem 063/ Sgj Kol Inf Ali Sanjaya SSos yang di wakili Kasiops Letkol Inf Dwi Suharjo, Danup Mayor Kav Didik Purwanto, Paup Kapten Arm Sarmin.
Kegiatan upacara berlangsung khidmat yang diikuti oleh peserta upacara dari Perwira, anggota Kodim 0620, Anggota Brimob Den C Cirebon, Polres Cirebon, Satpol PP, Dishub, SAR, Organisasi Kepemudaan FKPPI dan Pramuka.
Sementara di kursi Undangan Nampak Dandim 0620/ Kab Cirebon Letkol Arh Jama’ah, Kapolres Cirebon AKBP Hero Henrianto Bachtiar SIK, serta unsur pejabat sipil dan Militer lainnya.

Irup Letkol Inf Dwi Suharjo bersama Danup Mayor Kav Didik Purwanto menginspeksi barisan Upacara.

Dalam amanat Pangdam III/Slw, Danrem 063/ Sgj yang di Wakili Kasiops mengatakan bahwa sejalan dengan telah berakhirnya kegiatan Geladi Posko-I Kodim jajaran Kodam III/Siliwangi ini, berarti para peserta sekalian telah menuntaskan semua tahapan materi geladi secara keseluruhan. Sehubungan dengan hal tersebut perlu saya ingatkan, bahwa penilaian keberhasilan suatu geladi bukan diukur dari selesai dan tuntasnya kegiatan geladi tersebut dilak-sanakan. Hal yang sangat mendasar adalah bagaimana pelaksanaan geladi ini dapat meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf dalam menyelesaikan persoalan-per-soalan yang dihadapi terutama Kodalops dan prosedur hubungan Komandan beserta Stafnya dalam memecahkan persoalan taktis suatu operasi. Lanjutnya oleh karena itu, pengetahuan dan pengalaman yang didapat selama latihan ini hendaknya dapat diaplikasikan dalam pelak-sanaan tugas sehari-hari. Pada sisi lain, saya berharap, segala kekurangan dan kelemahan yang masih dijumpai dalam geladi ini agar segera diperbaiki dan disempurnakan, sehingga ke depan kita selalu bergerak menuju ke arah yang lebih baik.

Muspida Kab Cirebon terlihat Dandim 0620/Kab Cirebon Letkol Arh Jama’ah, Kapolres Cirebon AKBP Hero Henrianto Bachtiar SIK dan lainnya duduk di kursi undangan.

Kesiapan satuan beserta seluruh pra-jurit dalam melaksanakan tugas pokok akan bergantung pada kemampuan unsur pim-pinan dan staf yang ada di satuan, ini berarti untuk membangun kualitas prajurit yang profesional harus dimulai dari unsur pim-pinan. Kemampuan menjabarkan tugas pokok satuan menjadi protap dan prosedur kerja yang operasional, hal ini bertujuan agar dapat dengan mudah dimengerti dan dilaksanakan oleh bawahan. Apabila hal tersebut dapat diwujudkan, maka satuan akan selalu dapat melaksanakan tugas yang diberikan oleh pimpinan.
Kondisi seperti tersebut di atas harus diciptakan, melalui latihan yang terencana dan teliti serta terintegrasi dengan instansi terkait di wilayah khususnya dalam penanganan bencana alam seperti yang dilatihkan pada Latihan Geladi Posko kali ini. Terkait dengan hal itu, kesiapan satuan untuk menghadapi perkembangan ling-kungan sangat penting untuk terus diupaya-kan. Dengan demikian, setiap ancaman dan gangguan yang terjadi dapat diantisipasi, dicegah dan dicari jalan pemecahannya, sehingga tidak memicu terjadinya per-masalahan yang lebih besar.

Ketua GM FKPPI Kab Cirebon Drs Erus Rusmana juga nampak hadir

Saya menilai Latihan Geladi Posko-I ini telah dilaksanakan dengan baik dan berjalan dengan lancar, dengan demikian semoga kegiatan ini mampu memberi gambaran kepada para unsur pimpinan beserta staf untuk melatih kerjasama dalam menyelesai-kan setiap permasalahan yang dihadapi di lapangan, mulai dari tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan sampai dengan pengendalian operasi untuk selalu dilaksanakan dan dipedomani serta kaitannya dengan keterlibatan instansi-instansi ke-wilayahan dalam penanggulangan bencana alam di daerah. Dengan demikian dihasilkan suatu metode dan produk yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Selanjutnya, kemampuan yang telah dimiliki harus terus ditambah dan diasah dengan berbagai kegiatan yang dapat men-ciptakan peningkatan kinerja satuan dalam mendukung pelaksanaan tugas yang diberikan oleh Komando Atas. Selain itu, kegiatan Geladi Posko-I merupakan salah satu metode untuk melihat seberapa jauh satuan memiliki kesiapan untuk digerakkan bila Komando membutuhkan guna menghadapi tugas di masa yang akan datang.( * )


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: