Oleh: buanaplus | 25 September 2012

Giat Gladi Posko I Kodim 0620/Kab Cirebon

Kab Cirebon, Selasa 25 Sept 2012.
Irup Letkol Inf Dwi Suharjo dengan didampingi Danup Mayor Kav Didik Purwanto, memeriksa Barisan Upacara.

Geladi Posko-I yang dilaksanakan sekarang ini hendaknya tidak dipandang sebagai kegiatan rutin dalam rangka melaksanakan program latihan semata, akan tetapi harus dipahami sebagai kebutuhan dalam memelihara dan meningkatkan kemampuan kualitas profesionalisme Prajurit dan Satuan secara kelembagaan, guna menjawab tantangan tugas ke depan.
Demikian di kemukakan Danrem 063/ Sgj Kol Inf Ali Sanjaya SSos dalam membacakan amanat Pangdam III/Siliwangi yang disampaikan Kasiops Korem 063/ Sgj Letkol Inf Dwi Suharjo selaku Irup dalam pembukaan Gladi Posko I Kodim 0620/ Kab Cirebon tahun 2012 di lapangan Makodim setempat jalan Fatahila Sumber, Selasa pagi ( 25/09 ). Hadir dalam pembukaan Gladi Posko I tersebut, Pejabat Ster Suad, Waaster Kasdam III/Slw Letkol Inf Bahram, Dandim 0615/Kab Kuningan Letkol Kav Sugeng Waskito Aji Sip MM, Sekda Kab Cirebon Drs Dudung Mulyana, serta para unsur Pejabat terkait lainnya.

Danup Mayor Kav Didik Purwanto, yang juga Kasdim 0620/Kab Cirebon

Dalam hal tersebut Danrem 063/ Sgj juga menegaskan bahwa upaya meningkatkan profesionalisme Prajurit dan Satuan saat ini bukan lagi menjadi tuntutan, tetapi sudah menjadi kebutuhan mendasar yang harus diwujudkan, karena tantangan tugas yang dihadapi diperkirakan semakin meningkat dan kompleks, sehingga diperlukan kesiapan Satuan yang didukung oleh Prajurit yang berkualitas. Geladi ini semakin bernilai strategis, jika dihadapkan dengan tugas yang diemban oleh Kodim jajaran Kodam III/Siliwangi sebagai Komando kewilayahan di daerah yang secara fungsional bertanggungjawab menjamin terpeliharanya situasi yang kondusif bagi penyelenggaraan pertahanan negara, maupun kepentingan pembangunan nasional di daerah. Untuk melaksanakan tugas tersebut, maka diperlukan kualitas kinerja yang profesional dalam menciptakan ruang, alat dan kondisi juang yang kondusif bagi terselenggaranya tugas pokok tersebut, jelasnya.

nampak Dandim 0620/Kab Cirebon Letkol Arh Jama’ah, Sekda kab Cirebon Drs H Dudung Mulyana serta Kepala Kominfo Drs Abraham Muhammad.

Dengan demikian, Geladi Posko I ini merupakan salah satu metode latihan yang harus dilakukan dalam memelihara dan meningkatkan kemampuan dan kesiapan Satuan, khususnya dalam melatih prosedur hubungan Komandan dan Staf dalam me-rencanakan, menyiapkan dan melaksana-kan Olah Yudha serta Komando Pengen-dalian operasi penanggulangan bencana alam.
Tujuan yang ingin dicapai dalam pelak-sanaan Geladi Posko I Kodim jajaran Kodam III/Siliwangi adalah meningkatkan kemampuan dalam prosedur hubungan Komandan dan Staf dalam prosedur hubungan Komandan dan Staf untuk me-rencanakan, menyiapkan dan melak-sanakan operasi bantuan kepada Pemda dalam penanggulangan bencana alam yang terjadi di daerah.

nampak terlihat duduk di kursi Undangan Kasiintel Korem 063/ Sgj Letkol Arm Sabawa, Kaajenrem 063/Sgj Mayor Caj Asmari, pejabat Pemkab Cirebon A Sukma Nugraha dan Aan Setiawan.

Berkaitan dengan itu, maka tema Geladi Posko yang sudah ditetapkan yaitu : “Dengan Latihan Geladi Posko I, Kodim Siap Meningkatkan Kualitas Mekanisme Hubungan Kerja Komandan dan Staf dalam Membantu Menanggulangi Akibat Bencana Alam, Pengungsian dan Pemberian Bantuan Kemanusiaan di Wilayah Masing-masing dalam rangka Operasi Militer Selain Perang” harus benar-benar dipedomani dan dilaksanakan.

Irup Letkol Inf Dwi Suharjo secara simbolis memasang tanda badge bahwa kegiatan gladi posko resmi di mulai.

Sementara itu, sasaran yang harus dicapai dari kegiatan geladi sekarang ini, adalah :
Pertama, memahami dan mampu me-laksanakan prosedur hubungan Komandan dan Staf.
Kedua, memahami dan mampu melak-sanakan komando dan pengendalian dalam suatu operasi.
Ketiga, memahami dan mampu melak-sanakan koordinasi dengan aparat terkait dalam membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan bantuan kemanusiaan.

Kapenrem 063/ Sgj Mayor Inf Nono Hartono dan perwira lainnya tengah mengadakan breifing.

Keempat, memahami dan mampu membuat perkiraan keadaan dihadapkan pada dinamika perkembangan situasi dan kondisi wilayahnya.
Kelima, memahami dan mampu me-ngambil keputusan dengan cepat dan tepat dalam menghadapi persoalan taktis di lapangan.

Peserta Upacara pembukaan yang terdiri dari Unsur TNI, Polri, Pemda, SAR,  Ormas dan Pramuka.

Agar Geladi Posko-I ini dapat berhasil dengan baik dan maksimal, hendaknya dalam pelaksanaannya selalu dikoordinasikan secara integrasi dengan berbagai instansi terkait yang ada di wilayah sehingga menghasilkan produk yang dapat dimanfaatkan wilayah dalam menanggulangi bencana alam yang mungkin terjadi di daerah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: