Oleh: buanaplus | 22 September 2012

Masjid Merah Dukupuntang

Dari segi arsitektur cukup jelas bahwa Masjid Merah ini merupakan bangunan lawas yang masih tetap berdiri kokoh, tempat Ibadah yang berada di Desa Dukupuntang, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon ini konon dibangun sekitar tahun 1500-an dan hingga tahun 1986 masih dipergunakan untuk Ibadah Shalat Jum’at sebelum dibangun Masjid Annur yang lokasinya tidak jauh dari Masjid Merah tersebut.
Seperti di ceritakan oleh salah seorang aparat Desa Dukupuntang, Jum’at ( 20/09 ) bahwa pada saat adzan di kumandangkan waktu Shalat Jum’at dilakukan oleh empat orang secara bersamaan.

Walau Usianya yang sudah cukup lama, Masjid merah ini berdiri kokoh, seperti dituturkan oleh aparat Desa Dukupuntang sejak dibangun tidak pernah di lakukan renovasi secara besar besaran, paling hanya sekedar renovasi kecil dan sama sekali tidak merubah bentuk aslinya.

Saat di tanya perihal nama Masjid aparat Desa tersebut mengatakan bahwa asal usul nama Masjid memang tidak di ketahui tetapi masyarakat sekitar lebih suka menyebut dengan nama masjid merah, karena warna temboknya merah, hingga sekarangpun tetap di sebut Masjid Merah dan masih dipergunakan sebagai Mushallah untuk beribadah setiap hari.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: