Oleh: buanaplus | 20 September 2012

Aslog Kasdam III/Slw Buka Sosialisasi SIMAK BMN

Bandung, 17 September 2012
Pangdam III/Siliwangi menegaskan bahwa SIMAK BMN merupakan subsistem dari Sistem Akuntasi Instansi (SAI) dan diselenggarakan dengan tujuan untuk meng-hasilkan informasi yang diperlukan sebagai alat pertanggungjawaban atas pelaksanaan APBN Manajerial Report serta dijadikan dasar penyusunan Neraca untuk perencanaan dan penganggaran, pengadaan, penggunaan, pemanfaatan, pengamanan dan pemeliharaan.
Oleh karena itu, para pejabat dan personel yang menangani bidang SIMAK BMN ini harus mentaati prinsif-prinsif SIMAK BMN.
Hal tersebut disampaikan Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal Sonny Widjaja dalam amanat tertulis yang dibacakan Asisten Logistik Kasdam III/Siliwangi Kolonel Inf Suratno, S.IP pada Acara Pembukaan Sosialisasi SIMAK BMN dan Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Triwulan III TA.2012 bertempat di Aula Manunggal Kodam III/Siliwangi Jalan Kalimantan No.14 Bandung, senin (17/9/2012).
Sosialisasi yang akan dilaksakan selama 4 hari ini, diikuti oleh 212 orang dari 161 Satuan yang ada di Kodam III/Slw. Sementara itu, Tim Sosialisasi diketuai oleh Letkol. CBA Sumarmo, Pabandya Slog dari Mabesad.
Prinsip-prinsik SIMAK BMN tersebut menurut Pangdam adalah Ketaatan, Konsistensi, Kemampubandingan, Materialitas, dan Objektifitas.
Lebih lanjut menurut Pangdam, dengan dilaksanakannya Sosialisasi SIMAK BMN ini, diharapkan para pejabat yang terkait, kedepannya dapat semakin profesional dan proporsional dalam bidang tugasnya masing-masing.
“Dengan demikian, para pejabat terkait akan semakin mampu dalam menyusun laporan yang akurat, sehingga benar-benar tercapainya tertib administrasi yang dapat dipertanggung- jawabkan secara formal. Muara dari itu semua, para pejabat terkait akan semakin mampu dalam menyusun laporan yang akurat” Ujar Pangdam.
Mengakhiri amanatnya, Pangdam menekankan agar hasil yang diperoleh dari kegiatan sosialisasi dapat mendorong terwujudnya mekanisme SIMAK BMN dan penyusunan laporan keuangan yang lebih baik, sehingga berbagai kemungkinan keke-liruan yang dapat menghambat tercapainya tujuan pelaksanaan tugas pokok, dapat dihindari. (Pendam III/Slw)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: