Oleh: buanaplus | 14 Mei 2012

Pencanangan Bakti TNI KB- Kes terpadu

Pencanangan Bakti TNI KB- Kes terpadu
Tingkat Kodim 0620/ Kab Cirebon tahun 2012.
Dandim 0620/ Kab Cirebon Letkol Arh Jama’ah sedang membacakan sambutan dalam pencanangan Bakti TNI Kb- Kes terpadu, Senin ( 14/5 )

Kegiatan Bakti TNI KB-Kes terpadu yang selama ini sudah dilaksanakan Kodam III/ Siliwangi dan satuan jajarannya bersama instansi terkait lainnya, merupakan wujud kepedulian dan komitmen dalam memperkokoh kemanunggalan TNI dan Rakyat, yang di laksanakan dalam bentuk kegiatan untuk membantu pemerintah daerah dan masyarakat dalam bidang KB dan kesehatan. Kegiatan yang dilaksanakan melalui kegiatan KB- Kes terpadu tiada lain merupakan kebersamaan dan partisipasi TNI yang di sinergikan dengan program pemerintah dalam membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Diharapkan dengan terwujudnya percepatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat akan berdampak positif terhadap upaya perwujudan tatanan hidup masyarakat yang sehat, sejahtera, aman dan damai sehingga tumbuh berkembang jiwa kesadaran bernegara dan semangat bela Negara, yang akhirnya bermuara sebagai pondasi ketahanan nasional yang kokoh dan tangguh.
Dengan ketahanan nasional yang kokoh dan tangguh tersebut, maka kekuatan pertahanan akan semakin tinggi, ini artinya keselamatan bangsa Indonesia akan terjaga dengan baik, dan kedaulatan Negara dapat selalu kita tegakan. Demikian pula tentunya dengan keutuhan wilayah Negara kesatuan republik Indonesia akan senantiasa terus terpelihara secara optimal, hal tersebut di kemukakan Dandim 0620/ Kabupaten Cirebon Letkol Arh Jama’ah pada Pencanangan Bakti TNI KB- Kes terpadu Tingkat Kodim 0620/ Kab Cirebon tahun 2012, di Aula Gedung Jati Manunggal Komplek Kodim 0620 jalan Fatahila, Sumber, Senin ( 14/5 ).

Dandim 0620/ Kab Cirebon Letkol Arh Jama’ah tengah asyik bincang bincang ringan dengan Kapolres Cirebon AKBP Hero H Bachtiar, Kepala BPPKB kab Cirebon serta kapos TNI AU Penggung Lettu Yoyon, setelah usai dilakukan pencanangan Bakti TNI KB- Kes terpadu.

Pencanangan pelaksanaan program bakti KB- Kes terpadu tingkat Kodam III/ Siliwangi, telah dilaksanakan bersamaan dengan pencanangan tingkat Jawa Barat oleh Panglima TNI pada tanggal 3 Mei yang lalu, yang bertempat di Kodim 0632/ Cilegon Korem 064/ Maulanan Yusuf, sementara itu pelaksanaan program bakti TNI KB-Kes terpadu akan memerlukan waktu selama enam bulan dari bulan Mei sampai bulan Oktober 2012.
Sebagaimana di ketahui bersama bahwa laju pertumbuhan penduduk nasional saat ini, khususnya wilayah propinsi Jawa Barat dan Banten serta di dalamnya pertumbuhan penduduk Kabupaten Cirebon sangatlah pesat dan tinggi. Selain itu kita ketahui bersama bahwa masih banyak terjadi dikalangan masyarakat yang melaksanakan perkawinan usia dini yakni di bawah umur 18 tahun. Kondisi demikian ini dapat menimbulkan ekses negative terhadap reproduksi, serta menjadi salah satu penyebab tingginya angka kematian ibu dan balita.

Para undangan

Kondisi sedemikian ini bila tidak di cermati dan di kelola dengan baik melalui program KB- Kes terpadu yang intensif, sinergi dan berkesinambungan, maka populasi penduduk akan meningkat tajam. Konsekwensi dari laju pertumbuhan penduduk yang sangat pesat dan besar ini akan menyebabkan menurunnya kemampuan pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu program bakti TNI KB-Kes terpadu yang akan dilaksanakan ini dapat menjadi media transformatika pengetahuan dan perilaku hidup yang baik bagi masyarakat, dalam memelihara kesehatan diri dan lingkungan serta menghindari kebiasaan melakukan pernikahan pada usia dini di bawah usia delapan belas tahun. Untuk itu diharapkan semua unsure lintas sektoral yang terkait dalam program Bakti TNI KB-Kes terpadu ini dapat mengoptimalkan komunikasi, informasi dan edukasi kepada masyarakat. Selain itu melalui kegiatan program Bakti TNI KB- Kes terpadu ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih yang signifikan dalam mewujudkan tatanan social kemasyarakatan yang aman, damai, sehat dan sejahtera sesuai dengan thema “ melalui kerjasama Badan PPKB dan Dinas Kesehatan kabupaten Cirebon dengan TNI kita tingkatkan kinerja dan partisipasi masyarakat untuk mempercepat pencapaian sasaran pembangunan kependudukan dan KB tahun 2015”. Kepada seluruh panitia pelaksana, dirinya berharap agar kegiatan bakti TNI KB-Kes terpadu ini juga dapat di selaraskan dengan pendataan keluarga yang bermanfaat untuk menyiapkan sasaran keluarga yang belum mengikuti program KB. Untuk itu, adakan koordinasi dengan satuan bawah dan instansi daerah yang terkait serta dengan berbagai angkatan, agar dapat mendukung akselerasi keberhasilan program KB dan Kesehatan yang merupakan suatu program pokok dalam pembangunan bangsa.
Dalam kesempatan tersebut pihaknya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Dinas BPPKB dan Dinas Kesehatan kabupaten Cirebon, Pemerintah Daerah kabupaten Cirebon serta segenap komponen masyarakat yang telah membantu pelaksanaan program Bakti TNI KB-Kes terpadu ini.
Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Cirebon H Ason Sukasa, Kepala BPPKB kab Cirebon, Kadinkes kab Cirebon, Ketua penggerak PKK Kab Cirebon, para Kepala OPD Kab Cirebon, Danyon Arhanudse-14 Letkol Arh Dedik Ermanto, Kapolres Cirebon, Danlanal Cirebon, Kapos TNI AU Penggung, Pasi Bhakti TNI Ster Rem 063, para Danramil, Unsur Muspika dan para ulama serta Ibu Ibu Persit. ( buanaplus )


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: